Tanaman Tanaman Obat Herbal Asam Urat

Tanaman-Tanaman Ini Bisa Jadi Obat Herbal Asam Urat

Memiliki penyakit asam urat memang sangat dilematis, karena dapat kambuh sewaktu-waktu. Banyak pengobatan medis yang dapat dilakukan oleh dokter, namun efeknya dalam jangka panjang dapat membahayakan sistem kerja ginjal. Oleh karena itu, banyak pasien asam urat beralih ke obat herbal asam urat untuk mengatasi keluhan yang dideritanya.

Berbeda dengan obat-obatan medis yang memberi efek seketika, menggunakan obat herbal dari tanaman-tanaman alami membutuhkan waktu dan ketelatenan. Selain itu, pengolahan tanaman herbal juga perlu mendapat perhatian karena salah olah justru menghasilkan efek samping.

Dengan penggunaan yang benar, obat herbal asam urat akan dapat memberikan efek yang baik bagi tubuh karena merupakan kombinasi antara antiinflamasi (antiradang), penghilang rasa sakit (analgesik), meningkatkan kerja ginjal saat pembuangan asam urat, serta pembersihan racun di dalam tubuh. Umumnya, tanaman-tanaman herbal khusus asam urat ini juga akan berefek ke arah diuretik, yaitu peluruh kencing.

Beberapa pakar menggunakan resep-resep di bawah ini untuk melawan asam urat, diantaranya:

  1. Daun Jarak dan Air panas

    obat herbal asam urat

    Daun jarak dan air panas

Bahan: daun jarak 10 lembar serta air hangat secukupnya.

Cara membuat: Daun jarak dicuci bersih dan diremas, lalu tambahkan air hangat. Remasan daun dapat dioleskan ke bagian-bagian sendi yang sedang terkena penyakit  asam urat.

  1. Bonggol dan akar seledri

    obat herbal

    Bonggol Dan Akar Seledri

Bahan: akar dan bonggol seledri, air panas

Cara membuat: Akar dan bonggol selederi dicuci bersih kemudian diiris tipis. Akar dan bonggol dimasukkan ke dalam teko berbahan tanah liat, lalu diseduh aiir panas. Penyeduhan hampir mirip seperti menyeduh teh.

  1. Daun salam

    obat herbal asam urat

    Daun Salam

Bahan: 10 lembar daun salam

Cara membuat: Cuci daun, kemudian rendam daun dalam 3 gelas air. Rebus hingga menyusut menjadi 1 gelas air. Setelah menyusut, segera saring dan diminum. Cocok untuk dikonsumsi pagi hari sebelum makan.

  1. Seduhan daun sambiloto

    obat herbal asam urat

    Daun sabiloto

Bahan: 20 gram sambiloto

Cara membuat: Simplisia sambiloto digiling lalu dimasukkan ke dalam wadah dan diseduh dengan air panas. Tutup sambiloto agar bahan-bahan aktifnya dapat bercampur dengan air. Saring air lalu diminum sampai habis.

  1. Kombinasi temulawak, daun lidah buaya, dan jahe merah

    Kombinasi temulawak, daun lidah buaya, dan jahe merah

    temulawak, daun lidah buaya, dan jahe merah

Bahan: 30 gram temulawak, 30 gram jahe merah, 90 gram daun lidah buaya tanpa kulit, jeruk lemon dan madu secukupnya.

Cara membuat: Seluruh bahan dibersihkan dan dicuci, kemudian direbus dengan 3 gelas air bersih hingga tersisa 1 gelas. Ke dalam minuman dapat ditambahkan lemon dan madu agar terasa lebih segar. Ramuan diminum hangat-hangat sebanyak 2 kali sehari.

 

  1. Kombinasi daun alang-alang, ciplukan, dan daun kumis kucing

    Kombinasi daun alang-alang, ciplukan, dan daun kumis kucing

    Daun alang-alang, ciplukan,             dan daun kumis                                 kucing

Bahan: 60 gram akar alang-alang, 30 gram daun kumis kucing, dan 15 gram ciplukan

Cara membuat: Seluruh bahan dicuci dan direbus dengan air 800 cc. Perebusan dilakukan sampai air hilang setengahnya. Air dapat diminum sebanyak 2 kali sehari.

  1. Cabe rawit

    obat herbal

    Cabe rawit

Bahan: cabe rawit secukupnya

Cara membuat: Buah dan daunnya digiling, kemudian dicampurkan dengan kapur sirih. Oleskan ramuan pada bagian persendian yang sedang sakit.

  1. Kombinasi bunga mawar merah, temu hitam, dan daun dewa

    obat herbal

    Temu hitam, dan daun dewa

Bahan: 15 gram bunga mawar merah, 25 gram temu hitam, dan 30 gram daun dewa

Cara membuat: Seluruh bahan dicuci dan direbus dengan air 600 cc hingga tersisa separuhnya. Air kemudian disaring dan diminum rutin 150 cc sebanyak 2 kali sehari.

  1. Kombinasi pulosari, daun cocor bebek, adas, dan gula aren

    obat herbal

    Daun cocor bebek, adas, dan gula aren

Bahan: 1 jari pulosari, 30 gram daun cocor bebek, 5 gram adas kering, dan gula aren.

Cara membuat: seluruh bahan dicuci dan direbus dengan 600 cc air hingga tersisa separuhnya. Air kemudian disaring dan diminum 2 kali sehari.

  1. Kombinasi sambiloto dan kunyit

    obat herbal

    sambiloto dan kunyit

Bahan: 30 gram sambiloto segar dan 25 gram kunyit segar

Cara Membuat: seluruh bahan dicuci dan direbus dengan 600 cc air hingga tersisa separuhnya. Air kemudian disaring dan diminum. Untuk rasa manis alami, Anda dapat menambahkan gula aren atau madu.

Kombinasi resep berbagai tanaman tersebut sangat berguna untuk mengurangi keluhan asam urat. Konsumsi bahan alam tersebut secara teratur dan anda akan emndapatkan khasiat terbaik dari bahan-bahan alam. Dari tanaman-tanaman tersebut, pastikan juga beberapa poin sudah anda ketahui:

  1. Bentuk asli tanaman obat

Umumnya tanaman obat sudah bisa ditemui dalam bentuk basah dan kering di toko obat Cina, kebun tanaman obat, dan pekarangan sekitar.

  1. Pastikan bagian yang berkhasiat

Beberapa tanaman memiliki bagian-bagian tertentu yang berkhasiat, mulai dari akar, batang, dan hingga rimpang dan buah. Sesuaikan bagian tersebut sesuai khasiat, misalnya bagian batang dari brotowali, rimpang pada jahe merah, dan daun pada kumis kucing.

  1. Kualitas

Jika menggunakan tanaman basah (hidup), pastikan bahwa tanaman masih segar dan tidak layu. Hindari tanaman yang tekena hama. Sebaliknya, jika menggunakan tanaman kering (simplisia) yang biasa terdapat di pasar atau toko obat, gunakan tanaman yang tidak berjamur.

  1. Penggunaan alat masak yang benar

Memakai panci dari bahan kuningan, besi, atau aluminium perlu dihindari saat membuat seduhan obat herbal asam urat. Ini terjadi karena bahan-bahan tersebut bisa menyebabkan endapan yang akan menimbulkan reaksi pada obat. Anda bisa menggunakan bahan yang aman, misalnya tanah liat.

  1. Beda penggunaan, beda umur simpan

Penggunaan obat herbal ada yang diminum dan dioleskan. Beberapa bahan ramuan yang direbus bisa bertahan sampai 24 jam, namun untuk bahan yang tidak direbus maksimal hanya bertahan selama 12 jam.

  1. Aturan pakai

Semua tanaman obat punya dosis dan aturan pakai. Jangan sampai konsumsi obat Anda melebih batas, karena justru menimbulkan efek samping.

Penggunaan obat herbal asam urat secara praktis kini juga bisa didapatkan dari obat-obatan siap konsumsi yang sudah tersedia dalam bentuk tablet atau kapsul. Tanpa repot, Anda sudah bisa mendapatkan khasiat dari obat-obatan tersebut. Harga yang terjangkau dan aturan pakai yang jelas juga akan membantu dalam pemulihan dan kesembuhan asam urat. Nah, jika Anda tertarik menggunakan obat-obatan yang praktis dengan harga hemat, informasi mengenai obat herbal asam urat ini dapat Anda ketahui disini.

Selain mengkonsumsi obat herbal asam urat, beberapa tips ini juga sangat baik untuk penderita asam urat agar tidak kambuh sewaktu-waktu. Berikut tips-tips yang bisa dipraktekkan:

  1. Berolahraga secara teratur. Peredaran darah yang lancar akan membuat tubuh menjadi lebih sehat, namun juga tetap perhatikan kondisi badan. Jangan terlalu ngoyo dan berlebihan.
  2. Praktekkan pola hidup sehat agar terhindar dari obesitas.
  3. Rajin mengkonsumsi air putih setidaknya 2 liter per hari.

Sumber:

Dalimartha, S. 2011. Resep Tumbuhan Obat untuk Asam Urat: Edisi Revisi. Penebar Swadaya. Jakarta.

Wijayakusuma, H. Atasi Asam Urat & Rematik ala Hembing: Resep Alami dari Pakar Herbal. 2007. Puspa Swara. Jakarta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *